Senin, 19 Maret 2012

LAPORAN EVALUASI DAN TINDAK LANJUT SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK


LAPORAN
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

  1. Proses
Materi yang dibahas adalah ide dan pendapat dari anggota kelompok. Pada proses Bimbingan kelompok ini dikatakan berjalan dengan baik jika antara konselor dan konseli terjadi komunikasi yang baik. Di sini anggota kelompok saling berpartisipasi aktif dan mengutarakan pendapat mengenai Kosentrasi Belajar. Anggota juga saling menghargai pendapat anggota lainnya. Terkadang ada canda dan tawa dalam bimbingan kelompok. Setelah topik/ permasalahan sudah terselesaikan semua anggota juga mengutarkan kesan-kesan selama bimbingan kelompok.

  1. Hasil
Dalam Bimbingan Kelompok, semua anggota merasa senang karena mereka memperoleh banyak pengetahuan dari teman-teman kelompoknya, khususnya kosentrasi belajar. Karena banyak diantara anggota kelompok yang memiliki cara-cara berbeda agar mereka dapat berkosentrasi. Saat bimbingan keloompok diakhiri terkadang mereka masih saling membahas cara kosentrasi salah satu siswa yang mereka anggap baik. Jadi mereka mengingat materi bimbingan kelompok ini. Selain itu, mereka mendapat penglaman dalam menghargai pendapat orang lain.
  1. Tindak Lanjut
Bagi anggota yang masih tidak bisa berkosentrasi ketika belajar perlu mendapat penanganan lebih lanjut dengan memberikan konseling individual.
  1. Kesimpulan
Hasil bimbingan kelompok kali ini bisa praktikan simpulkan sebagai berikut :
1.      Siswa yang sebelumnya belum tau cara berkonsentrasi dengan baik dengan bimbingan kelompok dan masukan dari anggota kelompok akhirnya bisa tahu cara-cara berkonsentrasi.
2.      Siawa siswi yang mulanya malu-malu mengungkapkan cara konsentrasi belajar , didalam bimbingan kelompok siwa siswi dilatih untuk  PD.
Salatiga, 12 Maret 2012 
Mengetahui,
Guru pamong                                                                            Praktikan


Sri Sawarti S.Pd.                                                                         Zulfa
NIP:195311171980032003                                                        NIM. 132010077

Tidak ada komentar:

Posting Komentar