Senin, 19 Maret 2012

VERBATIM BIMBINGAN KELOMPOK


VERBATIM  BIMBINGAN KELOMPOK

TAHAP PEMBENTUKAN
Ko       : Selamat siang teman-teman.
Peserta : Selamat siang mas
Ko       : Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman yang sudah mau mengikuti bimbingan kelompok pada hari ini.
Peserta : Iya kaksama-sama
Ko       : O ya, sebelum dimulai ayo pimpin doa terlebih dahulu.
H         :  KakD saja yang memimpin doa.
Ko       :  D mau memimpin doa?
D         :  Iya mas, saya mau. Berdoa menurut keyakinan kita  masing-masing mulai....
Selesai. .
Ko       :  Sebelumnya terima kaih buat D yang mau mempimpin doa.  Saya juga baru masuk di kelas ini juga sekarang ya? Ada papatah bilang Tidak kenal maka tidak sayang, maka saya akan perkenalkan diri saya. Saya Zulfa, mahasiswa UKSW, Progdi BK dan semester 6. Mungkin ada yang mau ditanykan?
H         : Rumahnya mas?
Ko       :  Saya Sraten dan asli Salatiga, mungkin ada lagi?
Peserta :  Tidak ada mas.
Ko       :  O ya teman-teman sudah tahu belum arti dari bimbingan kelompok?
Peserta : ( Diam )
Ko       : Ayo siapa yang udah pernah mendengar atau sudah tahu artinya?
H         :  Bimbingan kelopok itu untuk memecahkan maalah dengan cara berkelompok ya mas?
Ko       :  Iya, Ayo ada lagi?
C         :  Ada mas, kita bercerita-cerita melalui kelompok .
D         :  Bimbingan yang dilakukan secara kelompok untuk memecahkan masalah.
Peserta:  Tadi uwes yow
D         :  Ya gak apa tow, kalimate lebih bagus ya gak mas?
Ko dan Peserta            : ( Tertawa Bersama )
Ko       : Baik...ada yang mau menjawab lagi?
Peserta             :  Tidak ada kak.
Ko       :  Bimbingan kelompok itu proses bantuan kepada individu dalam suasana kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok melalui fungsi pengembangan dan pencegahan dengan anggota 8 sampai 12 orang yang dipimpin oleh konselor. Nanti akan dibahas salah satu topik, yang menyangkut kepentingan para anggota kelompok. Diharapkan dapat berguna bagi temen temen semua karena temen temen akan memperoleh informai, dapat melihat dari untung dan rugi, bagaimana sikap kita dan masih banyak lagi. Apakah ada yang kurang faham atau ada yamg mau ditanyakan?
D         :  Topiknya apa kak?
Ko       :  Pertanyaaan yang bagus, sekarang yang memilih topik yang akan dibahas nanti adalah teman-teman sesuai kesepakatan anggota kelompok. Dharapkan teman-teman dapat berperan aktif mengajukan usul karena dengan kalian aktif maka kelompok ini akan menjadi efetif. Dan juga akan melatih kalian untuk belajar mengemukakan pendapat. Serta menerima dan menanggapi pendapat orang lain..apa kalian setuju?
Peserta :  Iya mas, kami setuju.
Ko       :  Di dalam bimbingan kelompok ini kita harus menjaga rahasi kelompok, terbuka untuk bercerita dan dilakukan atas dasar sukarela. Bimbingan kelompok ini akan dilakukan 45 menit. Ada yang mau ditanyakan?
Peserta : Tidak ada kak
Ko       :  Tadi saya sudah perkenalan, sekarang teman-teman ya.
( Perkenalan )
Ko          :  sekarang kita permainan, temanya adalah kosentrasi, Ketika saya berkata mata, maka tangan kalian memegang kepala ya dan jika saya berkata mulut maka tang kalian memegang telinga. Apakah sudah jelas?
( Praktek )
Peserta :  Faham kak
Ko       :  kalau sudah siap ayo kita mulai.
Peserta : ( Rangkaian Nama )

TAHAP PERALIHAN
Ko       :  Bagaimana persaan kalian?
F          ;  Bisa ketawa mas, yang belakang kasihan eg.
Ko       :Iya, O ya sebelumnya saya hanya mengingatkan Bimbingan kelompok itu proses bantuan kepada individu dalam suasana kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok melalui fungsi pengembangan dan pencegahan dengan anggota 8 sampai 12 orang yang dipimpin oleh konselor.
Tadi telah ada kesepakatan bahwa masing-masing anggota diminta menyampaikan topik yang dipilihnya dan yang disepakati bersama itu nanti akan kita bahas bersama. Misalnya, Pergaulan Bebas, Motivaasi belajar, dll. Bagaimana teman-teman apakah sudah siap?
Peserta : Siap kak.

TAHAP KEGIATAN
Ko       : Siapa duluan yang ingin menyampaikan topik?
D         :  Mengantuk di Kelas kak
F          :  Tidak suka sama mata pelajaran kak.
A         :  Susah membagi waktu.
C         :  Pacaran kak.
Peserta :  Wah, aku masih jomblo.
( Tertawa bersama )
Ko       :  Ada yang lain, ayo yang lain ada topik untuk dibahas?
B          :  Mungkin kakdari topik yang disebutkan tadi mengenai belajar ya mas, kala kosentrasi belajar bagaimana ?
Peserta :  Sip, Sip
Ko       :  Iya betul sekali, seblumnya bagaimana teman-teman?
Peserta :  Iya kakkami setuju, ayo kosentrasi.hehehehhe
Ko             :  Jadi topik yang akan dibahas dalam bimbingan kelompok ini adalah kosentrasi dalam belajar.
Peserta :  Iya mas
Ko             :  O iya, sebelumnya pentingnya kosentrasi belajar itu apa ya, kok kalian ingin membahas topik ini?
B                :  Biar kita fokus dalam belajar mas.
Ko             :  Ada yang lain?
D               :  Agar pelajaran cepat masuk dan pikiran kita juga tidak kosong.
Ko             :  Iya, dari pendapat B dan D, betul. Pentingnya konsentrasi adalah agar pikiran kita dapat focus pada sesuatu hal mialnya dalam belajar, dan menghindarkan gangguan yang muncul agar dapat belajar.
F                :  Terus cara agar kosentrasi gimana mas?
Ko             :  Pertanyaan yang bagus, o iya teman-teman ada pendapat mengenai pertanyaan dari F. Kita di sini juga mengeluarkan pendapat.
A               :  Kalau aku mas, belajar dalam kamar dengan pintu aku tutup, kan rumahku cenderung ramai mas.
C               : Ngemil mas, kalau perut lapar tidak bisa kosentrasi.hehehe.
Peserta ( Tertawa bersama )
Ko             :  Iya, setiap orang mempunyai cara agar mereka dapat kosentrasi dalam belajar. Kita dapat meningkatkankan kosentrasi belajar yaitu :
1.      Fokuskan tujuan belajar kita, secara tidak langsung kita akan kosentrasi dan berusaha keras untuk belajar
2.      O iya tadi makan, minum, istirahat juga perlu karena tubuh yang lelah akan sulit kosentrasi dalam belajar
3.      Jika ada masalah dengan keluarga atau pacar, baiknya diselesaikan terlebih dahulu daripada menganggu kosentrasi atau dilupakan sejenak dan fokuskan tujuan belajar kita
4.      Tadi A berkata perlu tempat yang tenang untuk berkosentrasi, di sini juga ada beberapa orang yang bisa kosentrasi dengan mendengarkan MP3. Mungkin ada di antara kalian?
F dan H         :  Saya mas, dengan musik maka pelajaran yang tadi pusing menjadi tidak mas.
A                  :  Wah kamu bisa ya?
F                   :  Aku kok.hehehe
Peserta          :  Manusia kan unik.heheheh
Ko                :  Ada pendapat lagi?
B                   :  Suasana belajar mas, misalnya kamar. Saya hanya bisa kosentrasi di dalam kamar saya, karena sudah saya hias dan membuat saya semangat untuk belajar.
Ko                :  Bagus-bagus, o iya ada tidk yang belajar itu ruangan pengap sehingga keringatnya banyak. Itu juga bisa menghambat dalam kosentrasi.
D                  :  Aku banget mas.heheheh
Ko                :  Terus D bagaimana?
D                  :  Saya akan memasang kipas angin.
Ko                :  Andai di antara kalian ada yang tidak memiliki kipas angin, ada cara lain?
F                   :  Belajar di luar kamar mas.
A                  :  Aku berhenti belajar dulu terus buat minum Es dan belajar lagi.
Ko                :  Baiklah, kita dapat belajar di luar ruangan, memakai kipas angin, minum es, membuka jendela, dll. Setiap manusia mempunya cara-cara sendiri agar mereka dapat kosentrasi dalam belajar. Dari beberapa yang saya sebutkan tadi, mungkin bermanfaat bagi teman-teman agar dapat kosentrsi ketika belajar.
Peserta          :  Iya mas, ternyata setiap anak berbeda ya?
Ko                :  Iya, ada yang mau ditanyakan lagi mengenai kosentrasi belajar?
Peserta          :  tidak ada mas, sudah jelas.
Ko                :  Baiklah teman-teman, jadi kesimpulan dari bimbingan kelompok ini adalah kosenetrasi belajar itu sangat pentig, karena pikiran kita fokus untuk belajar dan mencapai tujuan. Tadi telah banyak cara yang telah kita bahas untuk kosentrasi misalnya, belajar dengan musik, kamar yang dihias agar menjadi nyaman, menyelesaikan masalah dahulu agar tidak menganggu pikiran waktu belajar, dll. Sebelum kegiatan kita akhiri, mungkin ada pendapat kalian mengenai kesan bimbingan kelompok ini?’
TAHAP PENGAKHIRAN

D                  :  Emm, senang mas, karena kita dapat mengetahui cara-cara kosentrasi dalam belajar.
A                  :  Kita dapat mengetahui cara-cara yang berbeda dari setiap anak dan mungkin dapat kita terapkan, sesuai dengan diri kita.
Ko                :  Mungkin ada lagi?
Peserta          :  Hampir sama mas.
Ko                :  Baiklah, sebelumnya saya terima kasih untuk kesan-kesan dan atas partisipasi dari teman-teman, mungkin lain waktu kita bisa mengadakan bimbingan kelompok lagi. Sebelum pulang mari kita pimpin doa terlebih dahulu.
D                  : Berdoa menurut keyakinan kita  masing-masing mulai....
                     Selesai
Peserta          :  Selamat siang, kak
Ko                :  Selamat Siang teman-temana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar