Senin, 19 Maret 2012

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

A.     Topik                                 : konsentrasi belajar
B.     Bidang bimbingan               : Bimbingan Belajar
C.     Jenis layanan                       : Bimbingan Kelompok
D.     Fungsi bimbingan                : Pemahaman dan pengembangan
E.      Tujuan layanan                    :
1.      Siswa dapat memahami dan meningkatkan konsentrasi belajar.
2.      Siswa dapat menerapkan cara belajar yang efektif.
1.      Sasaran layanan                        : Kelas XI BHS
F.      Uraian kegiatan                   :
  1. Tahap Pembentukan
a.       Penerimaan
b.      Menjelaskan arti dan tujuan Bimbingan Kelompok
c.       Menjelaskan cara pelaksanaan Bimbingan Kelompok
d.      Menjelaskan asas-asas yang digunakan
e.       Perkenalan dan permainan
  1. Tahap Peralihan
a.       Menjelaskan kembali kegiatan kelompok
b.      Tanya jawab kesiapan anggota kelompok memasuki kegiatan
  1. Tahap Kegiatan
a.       Mengemukakan topik yang akan dibahas
b.      Menjelaskan pentingnya topik yang akan dibahas
c.       Tanya jawab tentang topik
d.      Pembahasan
e.       Selingan
f.        Kesimpulan
g.       Penilaian
  1. Tahap Pengakhiran
a.       Menginformasikan bahwa kegiatan akan diakhiri
b.      Menanyakan kesan-kesan anggota kelompok
c.       Membahas kegiatan lanjutan
d.      Ucapan terima kasih
e.       Perpisahan
G.     Materi                                : Terlampir
H.     Sumber                              :
Badara Munir. 2001. Dinamika Kelompok. Universitas Sriwijaya.: Palembang.
I.        Metode                              : Tanya jawab dan permainan
J.       Tempat penyelenggaraan     : ruang bimbingan konseling
K.    Waktu & Tanggal               : 1 X 45 menit / 12 Maret 2012
L.      Penyelenggara layanan        : praktikan
M.   Pihak yang disertakan         : -
N.    Media                                : potongan-potongan kertas karton berwarna
O.    Rencana penilaian               :
1.      Proses  : perhatian, sikap, dan antusiasme siswa dalam mengikuti layanan Bimbingan Kelompok.
2.      Hasil     : penilaian dilakukan segera setelah kegiatan berlangsung
3.      Cara     : observasi
P.      Tindak lanjut                       :
Apabila masih ada anggota kelompok yang belum memahami materi maka akan diberikan layanan konseling individual.


Mengetahui,
Guru BK


Sri Sawarti S.Pd.
Salatiga, 12 Maret 2012

Praktikan


Zulfa N.H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar