SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik : konsentrasi belajar
B. Bidang bimbingan : Bimbingan Belajar
C. Jenis layanan : Bimbingan Kelompok
D. Fungsi bimbingan : Pemahaman dan pengembangan
E. Tujuan layanan :
1. Siswa dapat memahami dan meningkatkan konsentrasi belajar.
2. Siswa dapat menerapkan cara belajar yang efektif.
1. Sasaran layanan : Kelas XI BHS
F. Uraian kegiatan :
- Tahap Pembentukan
a. Penerimaan
b. Menjelaskan arti dan tujuan Bimbingan Kelompok
c. Menjelaskan cara pelaksanaan Bimbingan Kelompok
d. Menjelaskan asas-asas yang digunakan
e. Perkenalan dan permainan
- Tahap Peralihan
a. Menjelaskan kembali kegiatan kelompok
b. Tanya jawab kesiapan anggota kelompok memasuki kegiatan
- Tahap Kegiatan
a. Mengemukakan topik yang akan dibahas
b. Menjelaskan pentingnya topik yang akan dibahas
c. Tanya jawab tentang topik
d. Pembahasan
e. Selingan
f. Kesimpulan
g. Penilaian
- Tahap Pengakhiran
a. Menginformasikan bahwa kegiatan akan diakhiri
b. Menanyakan kesan-kesan anggota kelompok
c. Membahas kegiatan lanjutan
d. Ucapan terima kasih
e. Perpisahan
G. Materi : Terlampir
H. Sumber :
Badara Munir. 2001. Dinamika Kelompok. Universitas Sriwijaya.: Palembang.
I. Metode : Tanya jawab dan permainan
J. Tempat penyelenggaraan : ruang bimbingan konseling
K. Waktu & Tanggal : 1 X 45 menit / 12 Maret 2012
L. Penyelenggara layanan : praktikan
M. Pihak yang disertakan : -
N. Media : potongan-potongan kertas karton berwarna
O. Rencana penilaian :
1. Proses : perhatian, sikap, dan antusiasme siswa dalam mengikuti layanan Bimbingan Kelompok.
2. Hasil : penilaian dilakukan segera setelah kegiatan berlangsung
3. Cara : observasi
P. Tindak lanjut :
Apabila masih ada anggota kelompok yang belum memahami materi maka akan diberikan layanan konseling individual.
Mengetahui, Guru BK Sri Sawarti S.Pd. | Salatiga, 12 Maret 2012 Praktikan Zulfa N.H |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar